Membuat Keystore & Signer Aplikasi Cordova

Bagaimana membuat keystore dan signer yang telah kita buat menggunakan framework apache cordova
Ok mari kita lanjutkan pembahasan kita pada artikel sebelumnya terkait pembuatan aplikasi menggunakan framework cordova. Kita sudah belajar dari mulai memasang CLI sampai membuat rilis aplikasi pertama.


Nah aplikasi rilis yang telah kita buat belum selesai. Kenapa ? soalnya aplikasi tersebut tidak akan bisa di upload ke google play. Saya tahu pasti sahabat snip menemukan kesalahan pada saat upload aplikasi rilis ke google playstore.

Untuk itu mari kita lanjutkan silahkan buka kembali Terminal atau CMD di komputer yang mengarah pada folder direktory:

D:\firstApps\platforms\android\app\build\outputs\apk\release

Ketikan perintah dibawah ini untuk membuat keystore didalam folder direktori release:

keytool -genkey -v -keystore namakeystore.keystore -alias namaAplikasi -keyalg RSA -keysize 2048 -validity 10000

Silahkan ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh CLI untuk mengisi data seperti Nama, Password, Organisasi, Unit Organisasi dan Kode Nomer Negara(+62).

Jika langkah diatas sudah selesai, pastikan sahabat snip mencatat password yang telah dibuat, karna nnti kita akan memerlukannya pada saat proses signer apk. Silahkan ketikan perintah dibawah ini untuk proses inisialisasi signer:

jarsigner -verbose -sigalg SHA1withRSA -digestalg SHA1 -keystore namaKeystore.keystore app-release-unsigned.apk namaAplikasi

Saya asumsikan sahabat sudah selesai pada proses initialisasi keystore. Sekarang kita akan melanjutkan untuk sign keystore ke aplikasi yang telah dibuat dengan mengetikan perintah dibawah ini:

zipalign -v 4 app-release-unsigned.apk aplikasi-siap-release1.0.0.apk

Silahkan dipahami kode perintahnya dan untuk cek hasil rilis yang siap di upload ke playstore ada ddalam folder direktori :

D:\firstApps\platforms\android\app\build\outputs\apk\release