Cara Monetize Iklan Admob Cordova

Bagaimana monetize aplikasi cordova yang telah kita rilis. Ikuti langkah-langkah mudah disini

Hallo sahabat snip tulisan ini akan memberikan panduan bagaimana kita bisa menghasilkan uang dengan mempublikasikan aplikasi buatan yang sudah kita buat pada artikel sebelumnya.

Jika belum paham cara membuatnya silahkan cek artikel lainnya. Bagaimana membuat aplikasi cordova dengan menggunakan CLI.

Ok mari langsung saja, pertama yang harus di persiapkan :
  1.  Memiliki Akun Admob, Jika belum punya silahkan daftar.
  2.  Install Plugin Cordova Admob
  3.  Integrasi SDk Iklan
Saya asumsikan sahabat snip sudah memiliki akun admob dan penayangan iklan sudah disetujui.

Agar penayangan iklan dalam akun kita mudah di ACC.  Silahkan sahabat isi semua data dengan benar, mulai dari data pembayaran serta membuat iklan.

Untuk membuat iklan sahabat snip upayakan membuat iklan bagi publisher pemula minim 3 iklan terlebih dahulu yakni Iklan Banner, Iklan Interstitial dan Rewarded Video. Jika saya kira sahabat sudah membuatnya, It's time to code!.

Buka terminal atau CMD yang mengarah pada direktori root project cordova dan ketikan perintah dibawah ini:

$ cordova plugin add cordova-plugin-admobpro --save --variable PLAY_SERVICES_VERSION=16.0.0 --variable ADMOB_ANDROID_APP_ID="ganti-dengan-app-id-admob-kamu"

Tunggu sampai proses download selesai, pastikan koneksi internet stabil. Jika sudah terinstall maka plugin bisa dilihat di folder plugin. Jangan lupa salin admob_simple.js ke folder WWW

Setelah itu silahkan sahabat tambahkan script dibawah ini sebelum kode tag penutup body di file index html aplikasi cordova :

<script type="text/javascript" src="admob_simple.js"></script>

Jika sudah jalankan perintah $ cordova build android silahkan di coba apakah iklan test didalam aplikasi sudah berhasil. Silahkan bereksperimen tanyakan di kolom komentar jika belum paham.