Cara Memasang Apache Cordova di Windows 7

Cara bagaimana menginstall cordova atau phonegap di windows 7 dengan cepat dan 100% berhasil.
Hallo selamat datang sahabat Snip Kode, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana menginstall Apache Cordova di Windows 7 dengan mudah dan cepat.


Oh ya sebelumnya apakah sahabat tahu apa itu Cordova ? Mungkin beberapa sahabat disini ada yang sudah mengenalnya, yakni cordova merupakan framework pengembangan Aplikasi Hybrid yang dapat langsung kita buat menggunakan Command Line Interface (CLI) untuk pembuatan aplikasinya.

Dengan menggunakan Apache Cordova kita bisa membuat Aplikasi Hybrid hanya dengan memberikan perintah pada CLI. Apa itu Aplikasi Hybrid ?.

Aplikasi Hybrid merupakan aplikasi web yang ditransformasikan dalam bentuk kode native pada platform yang berbeda seperti IOS, Android, dan Windows dengan kata lain Cross Platform yang mengizinkan user untuk mengakses device smartphone/mobile untuk memanfaatkan fitur Push Notification, Contact atau Offline Data Storage. 

Bagaimana sampai disini sahabat snip sudah paham kan ? Jadi dengan menggunakan cordova kita mampu membuat berbagai macam aplikasi Lintas Platform (Cross Platform)  seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Ok mari kita kembali ke laptop bagaimana cara memasang atau install cordovanya. Bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat lingkungan pemgembangan aplikasi sebagai berikut :

  1. Node Js
  2. Java Development Kit (JDK)
  3. Android SDK
  4. Git Control Version

Silahkan download semua dependencies diatas dan install di komputer masing-masing. Setelah terpasang bahan-bahannya. Lalu buka Terminal atau Command Prompt (CMD), Kita akan mulai mengintall Cordova CLI nya. Ketikan perintah dibawah ini pada terminal :

npm install -g cordova

Tunggu proses pemasangan Cordova CLI sampai selesai. Cepat atau lambat sesuai dengan koneksi masing-masing. Ok saya asumsikan sahabat snip sudah selesai memasang. Sekarang kita mulai membuat aplikasi pertama. Ada beberapa tahapan untuk membuatnya :

  1. Mengatur Environment Variable
  2. Membuat Project Cordova
  3. Menambahkan Platform Project Android Cordova
  4. Testing Aplikasi Cordova Pertama
  5. Rilis Aplikasi Cordova Pertama

Untuk mengatur Lingkungan Pengembangan (Environment Variables) kunjungi artikelnya disini. Jika sudah silahkan simak dan baca tahap-tahap dibawah dengan teliti ya snip, supaya tidak terjadi error ketika pembuatan aplikasinya.

Membuat Project Cordova 

Kita masih membuka CMD atau Terminal arahkan ke folder sesuai keinginan misalnya dalam study ini saya arahkan ke folder direktory Local Disk (D:). Silahkan ketikan perintah dibawah untuk membuatnya:

cordova create namaAplikasi com.aplikasipertama.app namaProyek

Bagaimana sudah selesai ? kalau sudah berhasil maka Cordova CLI akan membuatkan folder proyek rancangan namaAplikasi kita. Silahkan cek foldernya di lokasi yang sudah snip pilih. untuk source code aplikasi web ada didalam folder www. Silahkan edit menggunakan Sublime Text atau Text Editor yang biasa sahabat pakai. Tahap pembuatan project sudah selesai.

Menambahkan Platform Project Cordova

Selanjutnya kita akan membuat platform cordova seperti yang sudah disebutkan diawal kita bisa membuat 3 platform sekaligus yaitu Android, IOS, dan Windows. Tetapi kita akan lebih fokus ke platform Proyek Android. Silahkan lanjutkan ketikan perintah dibawah ini:

cordova platform add android

Apabila perintah diatas sudah selesai. Maka Cordova CLI akan membuatkan folder baru di dengan nama android yang berada didalam folder platform. Tahap pembuatan platform sudah selesai.

Testing Aplikasi Cordova Pertama

Kita telah selesai membuat project dan menambahkan platform android. Langkah selanjutnya sahabat snip akan mengetes aplikasi buatan pertama. Silahkan ketikan perintah dibawah ini :

cordova build android

Kalau sudah selesai. Untuk cek hasil file output apk nya yang dibuatkan oleh CLI ada didalam folder dibawah ini :

D:\namaAplikasi\platforms\android\app\build\outputs\apk\debug\app-debug.apk

Rilis Aplikasi Cordova Pertama

Untuk tahap akhir ini. Kita akan merilis aplikasi yang telah kita kembangkan agar aplikasi dapat di upload ke google playtore. Untuk membuat aplikasi rilis sama persis seperti membuat testing aplikasi.

Hanya bedanya sahabat snip menambahkan perintah --release setelah kode perintah cordova build android. Lihat perintah kode untuk membuat aplikais rilis dibawah ini:

cordova build android --release

Selamat sahabat snip telah menyelesaikan bagaimana cara install dan membuat rilis aplikasi cordova pertama. Tahap akhir panduan selengkapnya tunggu artikel selanjutnya. Sahabat snip akan mulai membuat Keystore dan Signer agar aplikasi dapat di upload ke playstore.

Terimkasih. Salam Hangat Snip Kode. Silahkan tunggu artikel selanjutnya.