Cara Mengatur Environment Variable Cordova

Cara mengatur environment variable untuk pengembangan aplikasi hybrid menggunakan framework apache cordova

Setelah kita menginstall Cordova seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Jika kamu belum menginstallnya silahkan ikuti panduan lengkapnya disini. Langkah selanjutnya kita harus mengatur Environment Variable. Silahkan masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced System Setting > Ennvironment Variables.

Ada 2 hal yang harus kita setting yaitu : User Variable dan System Variable. Mari saya tunjukan bagaimana cara mengatur Environment Variable untuk membuat pengembangan Aplikasi Hybrid dengan menggunakan Apache Cordova silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Sekarang kita akan mengatur User Variable terlebih dahulu. Syarat Versi Build Tools  Minimal Harus 28.0.0 ke atas dan kamu bisa mendownload librarynya di Android SDK  yang sudah terinstall di komputer. Tambahkan beberapa nama variable dan nilai seperti pada tabel dibawah ini :

Buat User Variabel Baru

Nama VariableNilai
ANDROID_SDK_ROOTC:\Program Files\Android\android-sdk
ANT_HOMED:\Android\apache-ant-1.9.15
JAVA_HOMEC:\Program Files\Java\jdk1.8.0_251

Setelah kita membuat user variable baru yang telah disajikan di dalam tabel diatas. Langkah selanjutnya kita menambahkan beberapa nilai Variable Path lihat pada tabel dibawah ini:

Tambah Nilai User Variabel Path

Nama VariableNilai
PATHC:\Users\ADMIN\AppData\Roaming\npm; C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_251\bin; D:\Android\apache-ant-1.9.15\bin; C:\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools; C:\Program Files\Android\android-sdk\tools; D:\Android\gradle\gradle-6.5\bin; C:\Program Files\Android\android-sdk\build-tools\28.0.0

Mari lanjutkan langkah terakhir yakni mengatur system variabel agar proses ketika debugging dan running bulding apk tidak terjadi error. Pada tahap ini kita hanya menambahkan nilai Path pada System Variabel nya saja.

Tambah Nilai System Variabel Path

Nama VariableNilai
PATHC:\Program Files\Common Files\Oracle\Java\javapath; %SystemRoot%\system32; %SystemRoot%; %SystemRoot%\System32\Wbem; %SYSTEMROOT%\System32\WindowsPowerShell\v1.0\; C:\Program Files\nodejs\; C:\Program Files\Git\cmd; D:\Android\gradle\gradle-6.5\bin; zipalign;

Catatan: Apabila ada masalah bertuliskan unable to start daemon silahkan buat variabel baru di system variable dengan nama _JAVA_OPTIONS dengan nilainya -Xmx512M

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar saya akan balas di waktu luang.